Geram, Warga Desa BMJ Minta 3 Terduga Pelaku Pencurian Sawit di Mukomuko Hengkang dari Desa

Para terduga pelaku pencurian buah kelapa sawit di Desa Bumi Mekar Jaya

HARIAN SEMARAK, MUKOMUKO – Warga Desa Bumi Mekar Jaya (BMJ) Kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu minta, 3 terduga pelaku pencurian buah kelapa sawit di Desa tersebut untuk keluar alias hengkang dari wilayah itu.

banner 970x250

Sekretaris Desa (Sekdes) Bumi Mekar Jaya, Faisal Amir, S. Sos ketika dikonfirmasi beritasemarak.com membenarkan hal itu. Kata dia, warga geram atas ulah para terduga.

“Tadi kan 3 orang ini sempat diamankan di kantor desa. Banyak warga yang datang, dan mereka mendesak ketiganya untuk tidak lagi tinggal di desa BMJ. Sepertinya ini juga diberlakukan kedepan, kalau ada yang kedapatan mencuri, mau langsung di usir, tapi nunggu konsep (surat) kesepakatan warga dulu. Ini lagi dibuat. Yang jelas, dalam prosesnya, kita harus mempertimbangkan beberapa hal. (aspek). Nggak bisa kita sembarangan main usir, sebab mereka (para terduga) juga memiliki hak untuk tinggal di suatu tempat. Nanti saya kabari perkembangannya. Yang jelas, itu baru permintaan, belum ada keputusan tetap,” kata Sekdes, Selasa (16/04 /2024).

Ketiga terduga itu masing-masing berinisial KW (21) warga Desa BMJ Kecamatan Pondok Suguh, IZ (26) warga Desa BMJ Kecamatan Pondok Suguh dan EP (28) warga Desa Selagan Raya Kecamatan Kota Mukomuko.

” 2 orang ini merupakan warga Desa BMJ dan yang 1 warga Desa Selagan Raya yang belum lama ini menikah dengan warga kami,” terang Sekdes.

Akhir-akhir ini, warga sering kehilangan buah sawit di kebun. Rasa penasaran warga, terlampiaskan saat salah satu warga mendapati ketiganya sedang melakukan aksinya.

“Kalau untuk tkp lain, saya nggak tahu. Tapi yang jelas, waktu pagi tadi. Itu langsung tertangkap oleh pemilik kebun,” jelasnya.

Saat ini, ujar Sekdes, ketika terduga telah diamankan oleh petugas dari Polsek Pondok Suguh.

Kepala Desa Selagan Jaya Kecamatan Kota Mukomuko, Agus Supriyanto ketika dikonfirmasi beritasemarak.com membenarkan jika EP merupakan warganya. Namun demikian, Ia belum mengetahui peristiwa tersebut.

“Benar, itu warga kami. Untuk peristiwa itu saya belum tahu,” kata Kades.

Kapolres Mukomuko, AKBP Yana Supriatna, S.I.K., M.Si melalui Kapolsek Pondok Suguh (Plh) Ipda Sofyan mengatakan, saat ini, 3 terduga tindak pidana pencurian buah kelapa sawit di Desa Bumi Mekar Jaya telah diamankan di Polsek Pondok Suguh.

“Untuk sementara ini para terduga sudah kami amankan di Polsek. Untuk barang bukti, sedang dijemput.” kata Ipda Sofyan, Selasa (16/04 /2024).(**)

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *