Harga Pertalite di Mukomuko Tembus Rp 16.000

BENGKULU, BERANDA, MUKOMUKO, UTAMA18398 Dilihat

Screenshot google maps jarak tempuh dan waktu dari kota Kabupaten Mukomuko ke Kecamatan Malin Deman

HARIAN SEMARAK, MUKOMUKO – Harga Bahan Bakar Minyak atau BBM jenis pertalite di Desa Semambang Makmur Kecamatan Malin Deman Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu tembus di harga Rp 16.000,-.

Penelusuran beritasemarak.com di Desa Semambang Makmur Kecamatan Malin Deman, harga eceran minyak atau BBM jenis pertalite berkisar antara Rp 16.000 hingga 17.000.

Harga tersebut sudah lama berlaku dan tidak berubah meskipun infrastruktur yang sebagian besar wilayahnya merupakan perbukitan dengan ketinggian diatas permukaan laut (dpl) terletak antara 70-200 m tersebut sudah membaik pasca pembangun infrastruktur berupa jalan hotmix (aspal) yang dibangun oleh Pemerintah Pusat melalui dana Intruksi Presiden (Inpres).

Dikutip dari google maps, Desa Semambang Makmur berjarak sekitar 124 kilometer dari Kota Kabupaten (Kecamatan Kota Mukomuko) dengan jarak tempuh sekitar 2 jam 31 menit.

Sedangkan dari SPBU 24-38323 Ipuh, Bengkulu, Indonesia yang terletak di Kecamatan Ipuh, Desa Semambang Makmur memiliki jarak sekitar 23 hingga 25 kilometer.

Kondisi Infrastruktur (jalan) di Kecamatan Malin Deman yang baru dibangun dengan menggunakan dana Inpres

“Harganya dari dulu seperti itu (Rp 16.000 sampai Rp 17.000). Kalau adanya aspal, masih sama mas, lagian jalan (aspal) ini kan baru,” kata warga setempat yang enggan disebutkan namanya.

Kepada beritasemarak.com, Ia mengaku mendapat pasokan atau kirim dari seseorang. Namun Ia enggan menyebutkan siapa pemasoknya.

“Kalau di atas, (lebih jauh dari Desa Semambang Makmur) lebih mahal lagi,” ucapnya.

Jika perjalanan dari Kecamatan Ipuh, jarak terdekat terdapat 1 buah pertashop. Menurutnya, di tempat tersebut harga BBM jenis pertamax hanya Rp 13.000.

“Tapi kalau dari sini (Desa Semambang Makmur) jaraknya sekitar 20 kilometer,” jelasnya.

Zul, warga yang sering beraktivitas di wilayah yang memiliki luas mencapai 292,99 km2 tersebut berharap, Pemerintah tidak tutup mata tentang kondisi ini. Kata dia, penambahan agen pertashop bisa menjadi solusi dalam kondisi ini.

Geografis wilayah Kecamatan Malin Deman dengan perbukitan

“Saya rasa pemerintah melalui instansi atau pihak terkait dapat mengatasi masalah ini dengan penambahan pertashop. Ini sangat efektif, terlebih infrastruktur (jalan) kan sudah bagus,” kata Zul saat dijumpai beritasemarak.com.

Ia mengungkapkan, kendala harga BBM di wilayah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi, Kecamatan Sungai Rumbai, Kecamatan Air Rami, Kabupaten Bengkulu Utara, Kecamatan Ipuh dan Kecamatan Sungai Rumbai itu tidak hanya pada jenis pertalite, namun jenis solar pun acap kali dikeluhkan masyarakat.

“Di sini kan banyak armada yang mengangkut hasil kebun, bik karet, sawit maupun lainnya. Dengan adanya pertashop jenis solar jenis lainnya, tentu akan berdampak kepada mambaiknya perekonomian terutama harga termasuk hasil kebun,” tuturnya.

Dilansir dari laman resmi Pertamina,
PT Pertamina Patra Niaga telah resmi merilis daftar harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina 1 yang berlaku mulai Kamis (01/02/2024).

Harga ditentukan berdasarkan wilayah. Dengan demikian, setiap wilayah di Indonesia, harga BBM tidak sama termasuk di Provinsi Bengkulu.

Berikut daftar harga BBM untuk Provinsi Bengkulu berdasarkan jenis :

  1. Solar JBT Rp 6.800‚Äč
  2. BBM Pertalite Rp 10.000
  3. Pertamax Rp 13.800,
  4. Pertamax Turbo Rp 15.100,
  5. Dexlite Rp 15.250,
  6. BBM Pertamina DEX Rp 15.800.
    (**).
banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *