Pemda Mukomuko Dorong Pemanfaatan Tehnologi Nelayan

Foto nelayan di Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu

BERITA SEMARAK, MUKOMUKO – Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu terus mendorong perekonomian rakyat, diantaranya nelayan tradisional.

Pemerintah Daerah sendiri telah memprogramkan kelompok nelayan untuk menggunakan teknologi deteksi posisi ikan, GPS Fishfinder.

Alat berbasis tehnologi ini digadang gadang dapat membantu nelayan menentukan posisi kumpul ikan untuk melakukan penangkapan.

Kepala Dinas Perikanan, melalui Kabid Perikanan Tangkap, Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Warsiman, S.Pt mengatakan, beberapa tahun terakhir, instansinya rutin mengadakan GPS Fishfinder dan kemudian alat tersebut disalurkan ke kelompok nelayan.

Kata Kabid, 2024 nanti instansinya kembali akan mengadakan 4 unit GPS Fishfinder dan akan disalurkan kepada 4 kelompok.

“Sudah ada ploting anggaran sebesar Rp 26 juta yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU). Hampir setiap tahun kita alokasikan dana untuk pengadaan GPS Fishfinder,” kata Kabid Perikanan Tangkap, Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko.

Kelompok calon penerima bantuan GPS Fishfinder ini, lanjutnya sudah ada dan diverifikasi kelompok.

“Kami berupaya agar semua kelompok nelayan bisa mendapat bantuan alat GPS Fishfinder,” jelasnya.

Tidak hanya itu, terang Kabid, untuk bantuan mesin tempel dan alat tangkap Dinas Perikanan mendapat DAK KSPP sebesar Rp 1,7 miliar. (ADV/** YN).

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *