Ratusan Crosser Gagal Taklukan Lintasan Sepanjang 25 Kilometer di Mukomuko

banner 970x250

Acara yang digagas oleh Karang Taruna dan dikemas dalam event motor trail enduro dan adventure itu, digelar selama dua hari, yang dimulai sejak sabtu (09/12/2023 hingga minggu (10/12/2023) itu membuat ratusan crosser menggila di jalan extim sepanjang 25 kilometer yang disiapkan panitia.

Ketua Karang Taruna setempat, Kustiawan mengungkapkan, event digelar pengurus karang taruna, Pemdes Mekar Jaya didukung oleh disponsori beberapa daerah Provinsi Indonesia.

Kata dia, kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka hari jadi Karang Taruna Desa Mekar Jaya ke – 23 tahun 2023.

“Alhamdulillah, ratusan peserta datang dari berbagai daerah ikut ambil bagian dalam even ini,” kata Kustiawan, Minggu (10/12/2023) di sela-sela kesibukannya.

Acara yang dibuka oleh Wakil Bupati Mukomuko, Wasri itu, dipadati oleh masyarakat yang antusias menyaksikan keberanian dan ketangguhan ratusan crosser.

Selain berbatasan langsung dengan Kabupaten Bengkulu Utara, Desa Mekar Jaya dengan kondisi geografis yang berbukit itu, tidak saja menjadi lahan subur untuk perkebunan kelapa sawit, namun hamparan perbukitan itu, membuat beberapa crosser dipaksa untuk takluk.

“Desa Mekar Jaya ini, secara administratif berbatasan langsung dengan Kabupaten Bengkulu Utara. Selain merupakan lahan perkebunan kelapa sawit yang subur, daerah ini juga sangat cocok bagi para crosser dalam menunjukkan kemampuan dan mengembangkan bakatnya, “terang Kepala Karang Taruna Desa Mekar Jaya.

“Kalau bicara soal Medan, disini tempatnya para crosser untuk membuktikan kemampuannya, sebab lintasan sepanjang 25 kilometer ini harus melalui jalanan yang extim, seperti lintasan berbatu, sungai, lumpur, menghantam batang pohon, bahkan menuruni bukit yang terjal, “imbuhnya.

Untuk crosser yang ditahlukan oleh Medan, kata Ketua Karang Taruna, panitia telah memyiagakan beberapa tim di beberapa titik sepanjang lintasan.

“Ada juga crosser yang motornya mogok. Kita siagakan tim sepanjang lintasan,” jelasnya.

Ketua Karang Taruna menyampaikan, selain menyalurkan bakat dan keberanian crosser, acara ini juga sebagai ajang untuk memperkenankan Kabupaten Mukomuko, khususnya Desa Mekar Jaya adanya potensi alam yang dapat dimanfaatkan oleh pemerintah, baik tingkat desa maupun Kabupaten.

“Saking extimmya, hadiah tanjakan nggak ada yang juara, karena gak ada yang tembus persen, tapi penghargaan medali dan uang untuk peserta yang mencapai 90 dan 80 persen,” tuturnya.

Ketua DPRD Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu, M .Ali Saftaini yang hadir dalam event itu mengapresiasi Karang Taruna. Kata dia, kemandirian karang taruna desa Mekar Jaya dapat dijadikan contoh oleh Karang Taruna di Kabupaten Mukomuko untuk membaca dan mengelola potensi yang ada di wilayah masing-masing.

“Wah, ini luar biasa. Atas nama lembaga (DPRD Mukomuko) saya mengapresiasi gagasan dan kemandirian karang taruna dalam mengelola potensi yang ada. Ini patut dicontoh oleh organisasi yang sama di wilayah masing-masing, “kata Ketua DPRD Mukomuko.

Ia menyampaikan, banyaknya peserta, pengunjung dan kesiapan panitia, merupakan bukti matangnya pengelolaan dan manajemen karang taruna. Menurutnya, dalam event ini, bukan saja tentang uji nyali dan bahkan, namun berdampak kepada perputaran perékonomian masyarakat.

Terpisah, Kepala Desa Mekar Jaya, Sutrisno mengatakan, event serupa juga pernah digelar. Menurut Kades, saat itu, event diselenggarakan dalam rangka hari jadi Desa Mekar Jaya ke 40.

Ia berharap, dalam moment tertentu, kegiatan serupa dapat dilaksanakan. Kepada Desa Mekar Jaya mengapresiasi, ide dan gagasan karang taruna dalam kegiatan tersebut.

Pantauan beritasemarak.com, dalam ajang bergengsi itu, panitia menyiapkan door prize 8 unit motor jepang 5 unit kulkas, 5 unit mesin cuci 5 unit TV LED, 5 dispenser,5 kipas angin dan banyak lagi hadiah dan hiburan lainnya. (ASV** YN)

banner 970x250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *