Pimpinan Partai di Mukomuko, Bocorkan Asal Calon Wakil Bupati dalam Pilkada 2024

MUKOMUKO, POLITIK3116 Dilihat

Gambar ilustrasi (beritasemarak.com)

BERITA SEMARAK, MUKOMUKO – Pilkada serentak bakal digelar tahun ini. Tahapan telah dimulai sejak tanggal 26 Januari 2024 dan akan berakhir pada tanggal 27 November 2024 hingga 16 Desember 2024 yakni penghitungan suara dan rekapitulasi hasil perhitungan suara.

Sedangkan pemungutan suara, dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024.

Di Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu, sejumlah tokoh baik dari kalangan politik maupun mantan birokrasi bermunculan dan di gadang-gadang bakal maju dalam pilkada.

BACA JUGA : Ketua DPD II Golkar Mukomuko Bocorkan Kriteria Calon Wakil

BACA JUGA : Golkar Buka Peluang Koalisi di Pilkada Mukomuko

Bupati Mukomuko periode tahun 2019 – 2024, Sapuan, di gembor – gemborkan kembali maju sebagai calon Bupati Mukomuko. Belum diketahui pasti, siapa yang akan mendampinginya sebagai wakilnya.

Sejumlah orang yang menyebut dirinya sebagai tim pemenangan telah mengambil dokumen pencalonanya ke beberapa partai politik.

Kemudian, Wisnu Hadi, politikus asal daerah pemilihan (Dapil) Mukomuko III ini, juga santer bakal maju dalam pilkada Mukomuko. Pengusaha asal Kecamatan Ipuh ini, sekarang menjabat sebagai Ketua Komisi III DPRD Mukomuko periode tahun
2019-2024.

BACA JUGA : Di Kabupaten Mukomuko, Golkar Peroleh 6 Kursi

BACA JUGA : Peran KPU Menurut Politikus yang di Gadang-gadang Maju dalam Pilkada Mukomuko

Ia juga kembali terpilih menjadi anggaran DPRD Mukomuko periode 2024-2028 dari partai Hanura.

Lalu Muharamin, Politikus asal Kabupaten Mukomuko ini, sudah beberapa periode menjadi anggota DPRD Provinsi Bengkulu dan tergabung di partai Demokrat.

Sosok lain yang juga mencuri perhatian publik adalah Edwar Setiawan, seorang pengusaha asal Kabupaten Mukomuko. Sejumlah baliho terpampang di beberapa wilayah dengan slogan ‘Menuju Kabupaten Mukomuko Yang Bermartabat 2024’.

BACA JUGA : Golkar Bakal Terima Dana Bantuan Partai Politik Terbesar dari APBD Mukomuko, Hanura 30 Juta Lebih

Wajah baru menjelang Pilkada pun mencuri perhatian publik datang dari kalangan non partai, diantaranya adalah Ruslan.

Pria asli kelahiran Kabupaten Mukomuko yang lama menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko ini, tidak jarang disebut bakal berpasangan dengan salah satu calon Bupati.

Yang masih menjadi perbincangan masyarakat di Kabupaten Mukomuko lainnya adalah Choirul Huda. Purnawirawan angkatan darat ini, masih sering melakukan silaturahmi dengan warna di beberapa wilayah di daerah itu.

BACA JUGA : Pekan Depan, Kejari Mukomuko Bakal Panggil Sejumlah ASN dalam Kasus 20 Persen

Bupati Mukomuko periode tahun 2016-2020 ini, tidak membantah jika dirinya bakal maju dalam Pilkada serentak tahun ini.

Lelaki asal Bojonegoro Provinsi Jawa Timur ini, dikabarkan telah memiliki calon wakil untuk mendampinginya selama lima tahun kedepan jika terpilih dalam Pilkada nanti.

Huda tak menyebut secara rinci calon wakilnya. Namun Ia membocorkan asal calon orang nomor dua di Kabupaten Mukomuko.

BACA JUGA : Tahun 2024, Tidak Ada Desa Tertinggal di Kabupaten Mukomuko

“Perkiraannya dari dapil III. Tapi belum final,” kata Choirul Huda yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPD II Golkar Mukomuko, Kamis (27/06/2024).

Mayor Inf (Purn.) Choirul Huda, S.H menegaskan, Golkar tidak akan terpaku pada kalangan politikus dalam merekrut wakilnya dalam pilkada. Kata dia, calon wakilnya nanti diutamakan memiliki niat kuat untuk membangun daerah.

” Ya, bisa dari kalangan partai (politikus) atau tokoh masyarakat, yang jelas, seseorang itu dapat bekerjasama untuk membangun Kabupaten Mukomuko ke arah yang lebih baik,” terang dia.

BACA JUGA : Tunjang PAD, Pemda Mukomuko Usulkan Pembangunan 5 Pasar Tradisional ke Kementerian Perdagangan

Menghitung kekuatan politik Choirul Huda, saat ini partai Golkar memiliki perwakilan 3 orang di DPRD Mukomuko untuk periode 2024-2028.

Jumlah tersebut cukup untuk mengusung 1 calon kepala daerah di Pilkada tahun ini. Berdasarkan keputusan KPU Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu nomor 499 tahun 2024 tentang penetapan hasil pemilihan umum (Pemilu) anggota DPRD, Golkar berhasil meraup suara sebanyak 23.271 suara.

“Untuk jumlah peroleh suara keseluruhan adalah 23.271 suara. Itu dari 3 Dapil dengan rincian dapil I sebanyak 7.070, dapil II 8. 999 dan dalil III 7.202,” kata Ketua DPD II Golkar Mukomuko, Choirul Huda, usai perhelatan Pileg beberapa waktu yang lalu. (**).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *