Habiskan Dana 32 Miliar, Dinas Kesehatan Mukomuko Lengkapi Fasilitas Puskesmas

Bustam Bustomo, SKM – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu

BERITA SEMARAK, MUKOMUKO – Sejumlah Puskesmas di Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu akan bebas dari gelap jika terjadi pemadam arus listrik, sebab beberapa Puskesmas akan dilengkapi dengan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu, Bustam Bustomo, SKM membenarkan hal itu. Kata dia, pengadaan PLTS dibiayai oleh dana alokasi khusus (DAK) tahun 2024.

BACA JUGA : Dinkes Mukomuko Tambah Armada di Puskesmas

BACA JUGA : DPRD Kabupaten Mukomuko Minta Dinkes Lakukan Pengasapan

Dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan, anggaran sebesar itu tidak hanya digunakan untuk pengadaan PLTD, namun ada beberapa barang yang dibelanjakan dari sumber anggaran yang sama.

“Dana 32 miliar itu kita gunakan untuk pengadaan mobil ambulans dan pusling. Kemudian PLTS, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), pengadaan alat pengolahan air atau Water Treatment untuk layanan medis, pengadaan alat kesehatan dan yang lainnya,” kata Kepala Dinas Kesehatan, Selasa (11 /06 /2024).

Kepala Dinas Kesehatan memastikan, seluruhnya akan terealisasi tahun ini. Menurut dia, besaran anggaran yang diterima oleh Dinas Kesehatan, jumlahnya lebih kecil ketimbang tahun sebelumnya.

BACA JUGA : Bahas Strategi UHC, Pemda Mukomuko Gelar Forkom Bersama BPJS Kesehatan

BACA JUGA : Tekan Jumlah Penderita HIV /AIDS, Komisi III DPRD Mukomuko Ajak Dinkes Tingkatkan Sosialisasi

“Tahun ini (2024) kita dapat Rp 32 miliar. Kalau dibandingkan tahun lalu (2023) sekitar 50 persen. Tahun lalu kita dapat Rp 61 miliar,” ujar dia.

Sedangkan besaran dana yang diterima untuk masing-masing puskesmas, terang Kepala Dinas Kesehatan, jumlahnya bervariasi.

“Variasi (jumlahnya) sebab ada beberapa puskesmas yang nggak dapet item yang didapat puskesmas lain, seperti, PLTS, itu hanya untuk 12 puskesmas sedang 5 puskesmas lainnya belum. Kemudian IPAL, hanya 7 puskesmas, sebab sebelumnya beberapa puskesmas sudah memiliki IPAL. Water Treatment, hanya untuk 5 Puskesmas, “terang dia.

BACA JUGA : Optimalisasi Pelayanan, Dinkes Mukomuko Bakal Pindahtugaskan Para Nakes

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko mengungkapkan, pengadaan water treatment diperuntukan hanya untuk puskesmas rawat inap.

” Air suling ini digunakan untuk pemeriksaan atau pelayanan medis, “ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan menyampaikan, belanja dana alokasi khusus tahun ini juga direalisasikan untuk pembangunan Instalasi Gawat Darurat (IGD) di 4 Puskesmas.

BACA JUGA : Dinkes Mukomuko Tangani 106 Kasus Akibat Virus Dengue

“Ada yang sudah terealisasi, seperti mobil ambulans dan pusling, beberapa item lagi dalam proses.” demikian Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko. (**).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *